Hi, guest ! welcome to G4MEZONE!. | About Us | Contact | Register | Sign In
Loading. .
Home » » Jangan Sembarang Pinjam Kosmetik Orang

Jangan Sembarang Pinjam Kosmetik Orang

Written By Unknown on 23 September 2012 | 00.39

Oleh: Marmi Panti Hidayah

Kosmetik
 Jika Anda sering meminjam kosmetik orang lain, mungkin sudah semestinya menghentikan kebiasaan buruk ini. Sebab, meminjam kosmetik orang lain bisa mendatangkan masalah bagi kulit kita.

“Meminjam kosmetik jelas akan memengaruhi kesehatan kulit. Kita nggak tahu, apakah bahan kosmetik milik orang lain cocok untuk kita atau nggak. Belum lagi dari sisi kebersihannya,” kata dr Ariaji dari Klinik Kecantikan Arita di Jl Al Qadr Islamic Village Karawaci, Tangerang.

Menurutnya, tidak semua produk kosmetik cocok untuk kulit kita. “Jika nggak cocok dengan kulit kita, maka bisa menimbulkan berbagai reaksi semisal gatal, merah, atau bisa menimbulkan komedo karena ada beberapa produk kosmetik yang bersifat comedogenic (menyebabkan komedo),” jelas alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi.

Lalu dari segi kebersihan, belum tentu si empunya kosmetik menjaga kebersihan kulit dan kosmetiknya. Kadang-kadang, dalam kondisi kulit wajah kotor dan belum dibersihkan, masih ditimpa bedak lagi.

Akibatnya debu atau kotoran menempel di kulit kita melalui spons. “Kalau spons-nya kotor, sama saja dengan memindahkan bakteri atau jamur ke muka kita. Akhirnya kulit kita jadi bermasalah,” katanya.

Hal ini bisa terjadi terutama pada kulit sensitif. Orang-orang berkulit putih atau kurang pigmen, biasanya lebih sensitif.

Beberapa kasus tersebut menimpa pasien yang mendatangi Klinik Arita. Hanya karena meminjam kosmetik, kulit wajah berjerawat dan muncul komedo. Memang hal ini masih bisa diatasi, namun tetap membutuhkan waktu perawatan dan tentu saja biaya. Belum lagi kalau terlambat dalam penanganan.

Oleh karena itu, lanjut dr Ariaji, hendaknya tidak meminjam kosmetik orang lain. Termasuk kalau kita sering menggunakan jasa penata rias semisal saat menjadi among tamu (penerima tamu) di acara pengantin.

“Make up penata rias pada umumnya dipakai orang banyak. Untuk itu, saat kita akan menjadi among tamu lebih baik membawa peralatan kosmetik sendiri, baik itu bedak, eye shadow, pensil alis, maupun lipstiknya,” urai dr Ariaji.

Sebab, tidak hanya bedak, kandungan bahan lipstik juga belum tentu cocok dengan kulit kita. “Lipstik itu kan mengandung pewarna dan pewangi, yang jika tidak cocok bisa menyebabkan alergi di bibir kita. Jadi hati-hati bagi kita yang cenderung alergi, hindari bahan-bahan alergen,” katanya.

Jadi kesimpulannya, lanjut dia, sebaiknya kita tidak meminjam kosmetik orang kecuali yakin benar jenis kulit orang tersebut sama dengan kita. Selain itu, orang tersebut menjaga kebersihan kosmetik dan kulitnya dengan baik.

Lantas bagaimana bila sangat terpaksa harus meminjam kosmetik orang lain? “Jika memang terpaksa menggunakan kosmetik orang lain, kita bisa meminimalisasi dampak kesehatan. Misalnya, jangan menggunakan spons atau kuas yang sudah digunakan orang lain. Sebaiknya kita ganti gunakan kapas atau tisu yang baru,” katanya.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan!! ^^

Recent Comment

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
   
email: second.unlimited email: # email: topup_cs
Admin1   Admin2   cs topup
 
HOT LINE +62 - 85648432203


Login Facebook | Fanspage | My_Forum | Admin
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. G4MEZONE™ - All Rights Reserved

G4MEZONE™
Site Meter